Essay Digital Marketing

Apa itu Digital Marketing? Seberapa Pentingkah Digital Marketing?

Pemasaran pada saat ini adalah pendorong suksesnya suatu bisnis dan juga pemasaran dapat berubah-ubah sesuai dengan waktu nya. Pemasaran sudah banyak melakukan penyesuaian hingga saat ini. Walaupun sudah mengalami perubahan pemasaran tetaplah penting di dalam sebuah bisnis. Pada era saat ini memberikan sebuah perubahan besar pada pemasaran dan juga menumbuhkan tantangan baru dalam bisinis. Pemasaran dituntut harus dapat menyesuaikan dengan kondisi saat ini yaitu agar dapat memahami bagaimana kejadian yang ada di penjuru dunia mempengaruhi pasar dan peluang yang dapat diambil. Lalu seiring dengan perkembangan waktu mucullah sebuah terobosan baru yang disebut dengan digital marketing.

Digital Marketing merupakan upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam strategi atau taktik marketing dimana dapat berkomunikasi secara digital tanpa harus bertemu secara langsung dan tidak menghabiskan banyak waktu. Digital marketing ini sudah menjadi strategi yang banyak di terapkan oleh berbagai perusaahn di dunia agar dapat terus berkembang dan melakukan promosi dalam era industri 4.0 ini. Kemudahan ini di dukung dengan berbagai aspek yang dapat memudahkan bisnis dan juga perusahaan dalam mencari sebuah keuntungan. Digital marketing juga merupakan cara alternatif yang dapat dilakukan untuk menarik konsumen agar dapat tertarik pada produk yang kita pasarkan.

Banyak kelebihan digital marketing dibandingkan upaya pemasaran tradisional. Kelebihan tersebut adalah kemudahan dalam menjangkau target pasar lebih luas, membutuhkan biaya yang lebih kecil dan menggunakan komunikasi dua arah dengan calon konsumen. Digital marketing penting untuk dilakukan karena beberapa alasan berikut:

- bisa digunakan semua jenis bisnis

- meningkatkan pendapatan dengan efektif

- mampu menjangkau target konsumen spesifik

- bisa digunakan apapun perangkat yang digunakan

- dapat membantu membangun brand bisnis Anda

Dalam digital marketing tidak harus bertemu langsung kepada calon pelanggan melainkan dapat berinteraksi secara online dengan media sosial. Masa sekarang memang digital marketing ini dibutuhkan sebab orang-orang sekarang jarang atau bahkan tidak pernah melihat iklan secara konvensional sebagai contoh billboard yang ada pada jalan tol, orang sudah jarang melihatnya dan juga brosur, brosur terkadang tidak pernah dibaca bahkan sampai dibuang karena orang sekarang tidak tertarik dengan begitu bisnis digital ini penting untuk menaikkan eksistensi dan produk bisnis. Digital marketing bertanggung jawab untuk memberikan efek terhadap produk dan juga dapat mengumpulkan data konsumen, melalui media yang telah ada. Digital marketing biasanya berfokus pada cara kerja sistem pemasaran dengan melihat jumlah pengunjung yang telah memasuki web yang ada.

Dalam sebuah digital marketing terdapat sebuah diagram yang dapat membuat strategi digital marketing ini dapat berhasil yaitu SOSTAC (Situation analyisis, Objectives, Strategy, Tactics, Actions, Control) dalam diagram tersebut telah mencakup sebuah kunci dalam digital marketing ini. Yang pertama situation analysis yaitu sebelum menjalankan digital marketing harus menganalisis situasi terlebih dahulu, dimana perusahaan dapat mengetahui posisi marketing yang nantinya dapat membantu diagram yang lainnya. Selanjutnya apabila sudah mengetahui posisi marketing berada diagram selanjutnya adalah objective, perusahaan harus dapat menentukan target yang akan dituju, pelanggan yang bagaimana yang akan dituju perusahaan tersebut dengan begitu perusahaan dapat objektif terhadapat digital marketing. Kemudian selanjutnya strategy, setelah menentukan target yang dituju perusahaan barulah dapat menentukan strategi untuk digital marketing ini, seperti melalui media sosial atau melalui website. Dengan begitu perusahaan dapat mengetahui digital marketing apa yang cocok bagi perusahaannya. Kemudian diagram marketing selanjutnya adalah tactics yaitu taktik apa yang akan dijalankan agar digital marketing ini fapat berhasil atau dapat menjangkau objektif yang telah ditentukan oleh perusahaan tadi dengan begitu strategi yang telah ditentukan juga dapat berhasil untuk dicapai. Selanjutnya strategi dan taktik saja tidak cukup tanpa adanya aksi, diagram selanjutnya yaitu actions, dengan aksi ini perusahaan akan menjalankan taktik dan strategi yang ditentukan tadi untuk melakukan digital marketingnya. Kemudian diagram marketing yang terakhir adalah control, yaitu bagaimana kita dapat mengontrol performa dalam digital marketing, hal ini sangat penting karena dengan mengontrol ini kita dapat tahu jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh pelanggan kedepannya dan dengan kontrol ini juga dapat memantau jalannya sebuah bisnis perusahaan dapat berkembang atau tidaknya. Itulah diagram dalam marketing yang dapat memberikan dampak pada perusahaan dalam memulai strategi digital marketingnya.

Berikut adalah 5 Strategi Digital Marketing Paling Efektif :

1. Membuat Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah layanan yang menampilkan profil bisnis Anda secara instan di halaman pencarian. Mulai dari alamat perusahaan, jam operasional, hingga rating bisnis. Dengan Google Bisnisku, konsumen bisa menemukan bisnis Anda dengan mudah. Anda juga bisa menampilkan review terbaik dari konsumen Anda sebagai sarana promosi dalam strategi digital marketing.

2. Memanfaatkan WhatsApp Bisnis

Pengguna WhatsApp di Indonesia cukup banyak. Jika dimanfaatkan untuk upaya digital marketing, tentu akan sangat efektif. Namun, sebaiknya jangan menggunakan WhatsApp reguler, tapi WhatsApp Bisnis. Alasannya, banyak fitur khusus yang dimiliki seperti profil bisnis, dari katalog produk sampai statistik pesan.

3. Membuat Website

Website merupakan pusat kegiatan bisnis online yang Anda bangun. Tidak hanya sebagai identitas online, tapi juga untuk membangun reputasi online yang baik dan profesional.

4. Menggunakan Email Bisnis

Tak lengkap langkah digital marketing Anda tanpa memiliki email bisnis resmi. Sebuah email bisnis adalah email yang menggunakan nama domain bisnis Anda sebagai identitas online. Kenapa ini penting? Karena terlihat lebih profesional dan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.

5. Membuat Buyer Persona

Membangun buyer persona sangat penting dalam kesuksesan bisnis secara umum. Khususnya, dalam upaya melakukan digital marketing. Buyer persona adalah profil representasi dari target pasar bagi produk Anda. Dengan memiliki buyer persona, langkah promosi yang dilakukan bisa lebih tepat sasaran.

Pentingnya digital marketing telah menarik seseorang untuk merubah strategi bisnisnya yang awalnya melakukan marketing secara konvensional perlahan berubah menjadi digital marketing. Alasan pertama digital marketing itu penting yang pertama terhubung dengan konsumen lebih mudah, dengan adanya kemudahan internet ini orang-orang tidak harus berjalan atau menghabiskan tenaga nya untuk dapat berbelanja yang ia mau, ia hanya bermodalkan sebuah gadget dan internet dapat langsung terhubung dengan penjual, konsumen akan merasa dihargai karena pelayanan nya mudah dan juga tidak mengabiskan banyak waktu. Kemudian yang kedua yaiitu dapat menganalisis perilaku konsumen, kita dapat melihat apa yang sedang trend atau produk apa yang lebih dibutuhkan oleh konsumen dan kita perusahaan dapat langsung tahu dengan bantuan kecerdasan buatan, dengan begitu produk yang dibutuhkan oleh konsumen ini dapat dipasarkan. Lalu yang ketiga dapat meluas pasar, digital marketing tidak hanya menyebar pada suatu kawasan lokal saja melainkan dapat menyebar pada seluruh dunia, dengan begitu pasar yang dicakup ini besar, strategi marketing konvensional hanya mencakup pasar tertentu saja tidak mencakup luas, dengan begitu digital marketing dapat menarik calon konsumen baru yang tertarik dengan produk perusahaan. Pentingnya digital marketing selanjutnya yaitu dapat menekan biaya marketing, dikatakan bahwa marketing dapat menghabiskan sebagian modal perusahaan dan juga belum tentu berhasil, dengan adanya digital marketing ini dapat menekan biaya marketing secara konvensional. Dengan menggunakan digital marketing ini dengan mudah mengakses sebuah media sosial dan menaruh iklan pada website tertentu seperti YouTube dan Facebook. Selanjutnya yaitu dalam era digital ini semakin banyak persaingan dalam bisnis, menggunakan digital marketing juga dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan, dengan di lihat bahwa perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain dengan memanfaatkan digital. Dengan begitu dapat menarik perusahaan lain untuk bekerja sama dan memulai bisnis dengan kuat. Dengan demikian memanglah digital marketing ini penting untuk bisnis kedepannya dan juga dapat membuat bisnis sebuah perusahaan berkembang terus menerus.


 





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas PKWU

Cara membuat akun di indosax

Akun Youtube Premium seharga 1000